Senin, 13 Agustus 2012

Cara memasukkan data menggunakan Form di Ms Excel 2007

   Pada MS Excel, hal yang biasa kita lakukan untuk memasukkan data adalah dengan secara langsung mengetik atau menuliskan data pada sel. Data data tersebut dapat berupa tulisan kata dan kalimat ataupun data yang berupa angka-angka. Data-data dalam Ms Excel kebanyakan berupa data dalam bentuk tabel, sehingga dalam memasukkan data dapat dilakukan secara berurutan kebawah maupun kesamping. Dalam hal ini anda dapat mengatur pergerakan sel ketika tombol enter ditekan, yaitu kebawah atau kesamping.
Dalam memasukkan data yang berupa angka-angka tersebut biasanya diurutkan secara menurun, yaitu ketika menekan tombol enter maka posisi sel yang aktif akan otomatis berpindah ke sel dibawahnya untuk diisi data selanjutnya. Untuk berpindah sel ini user bisa juga menggunakan tombol navigasi pada keyboard, arah atas, bawah, kanan dan kiri. Namun penggunaan tombol navigasi ini kurang praktis karena letaknya berjauhan dengan tombol angka (Numkey), sehingga untuk berpindah ke sel dibawahnya lebih popular dengan menggunakan tombol enter daripada menggunakan tombol navigasi.
Namun untuk memasukkan data secara horizontal atau arah kekanan dari sel yang dipilih, akan kesulitan jika menggunakan tombol enter karena posisi sel akan berpindah ke sel dibawahnya. Agar sel yang aktif berpindah atau mengarah ke kanan ketika tombol enter ditekan, anda harus mengatur terlebih dahulu pengaturan arah seleksi sel ketika tombol enter di tekan. Untuk itu ikutilah langkah-langkah berikut ini :
  1. Klik office button pada pojok kiri atas jendela excel kemudian pilih Excel Options

    merubah arah sel ketika menekan tombol enter
  2. Pada jendela yangmuncul pilih advanced di panel sebelah kiri, kemudian pada panel sebelah kanan ubah pilihan after pressing enter, move selection direction dari down menjadi right.

    merubah arah sel ketika menekan tombol enter
  3. Klik OK
Mulai dari sekarang ketika anda tekan tombol enter, sel aktif akan bergerak ke kanan. Untuk mengembalikan ke keadaan semula, ubah kembali dari right menjadi Down kemudian klik OK
Selain memasukkan data secara langsung dengan mengetikkan data pada sel, ada cara lain memasukkan data di Ms Excel yaitu dengan menggunakan fasilitas Form. Untuk lebih jelasnya ikuti saja langkah-langkah dibawah ini.
Terlebih dahulu anda harus memunculkan fasilitas form di quick access toolbar.
  1. Klik kanan pada ribbon kemudian pilih Customize Quick access Toolbar.
  2. Pada pilihan Choose command from pilih All commands
  3. Pada pilihan dibawahnya scroll kebawah dan pilih Form kemudian klik add untuk menempatkan Form di Quick Access toolbar.

    menambahkan ke quick access toolbar

  4. Klik OK. Maka Form telah berada di Quick access toolbar.
Untuk menggunakan fasilitas form, dapat dilakukan sebagai berikut :
  1. Buatlah tabel di MS Excel kemudian blok kepala tabel, atau pilih sel di kepala tabel tersebut.
  2. Klik Form yang ada di quick access toolbar, Jika muncul peringatan klik saja OK, maka akan tampil form pengisian data sesuai dengan isi kepala kolom tersebut.
  3. Masukkan data pada kotak yang ada. Anda dapat menggunakan tombol Tab untuk berpindah ke kotak isian berikutnya.
  4. Untuk memasukkan data selanjutnya klik tombol New maka data yang telah ditulis akan masuk kedalam tabel yang telah anda buat.

    Menggunakan form untuk memasukkan data di excel

  5. Jika data sudah selesai dimasukkan silahkan tutup form dengan klik Close.

3 komentar:

  1. tulisannya gak jelas, harusnya kasih warna yg terang

    BalasHapus
  2. terimakasih sangat berguna

    BalasHapus
  3. tulisannya agak gag jelas.. jadi susah baca, tapi terima kasih banyak

    BalasHapus